Yogo Prihatono

Tetap Berkreasi Dengan Apa Yang Ada

Soloraya Creative Expo 2013 “Exotism of Bamboo” Part 1

Soloraya Creative Expo (SCE) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Solo. Penyelenggaraan SCE bertujuan untuk menampilkan dan memperkenalkan sisi kearifan produk lokal, budaya, industri, perdagangan, jasa, pariwisata, investasi serta perekonomian yang ada di lingkungan Soloraya kepada masyarakat domestik maupun mancanegara. SCE 2013 kali ini mengambil tema Exotism of Bamboo. Pelaksanaan event dimulai tanggal 20-24 November 2013, namun untuk pembukaan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2013 di Benteng Vastenburg oleh Gareng S Haryanto selaku Ketua KADIN Solo.

Pihak penyelenggara menggunakan empat tempat/venue sekaligus dalam pelaksanaan SCE 2013 kali ini. Venue pertama yaitu venue utama yang terletak di Benteng Vastenburg (Kerajinan, Produk UMKM, panggung Utama,dll), venue kedua terletak di Graha Wisata Niaga (Digital Printing, Perbankan dan Investment), venue ketiga terletak di Diamond Convention Center (Kuliner Kreatif), dan yang terakhir terletak di Solo Square (Otomotif Kreatif). Dengan pembagian venue menjadi beberapa bagian diharapkan pengunjung dapat leluasa dalam menikmati ajang SCE 2013 kali ini.

Event tahunan ini bisa dinikmati pengunjung hanya dengan tiket seharga sepuluh ribu rupiah. Tiket ini merupakan tiket terusan, jadi pengunjung dapat menggunakan satu tiket untuk menikmati keempat venue tersebut. Harga tersebut sangat bisa membayar kepuasan pengunjung dengan konsep landscape dan perform SCE 2013 yang sangat menakjubkan.

Pihak penyelenggara menggandeng seluruh komponen pemerintahan eks Surakarta untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Dalam penyelenggaran ini yang ikut berpartisipasi dari Pemkot Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Karanganyar. Selain dari instansi pemerintahan pihak swastapun juga ikut memeriahkan event Soloraya Creative Expo 2013 ini.

tiket

Tiket

IMG_3174 - Copy

Rumah Tobong Tembakau sebagai view depan di Benteng Vastenburg.

IMG_3128

Benteng Vastenburg Solo dari Stand Art Galery

Dari penyelenggaraan event SCE 2013 ini penulis akan menyampaikan beberapa tanggapannnya diantaranya:

Kritik:
– Terjadi ketimpangan antara venue di Benteng Vastenburg dengan venue lainnya, sehingga menyebabkan pada venue lainnya sepi pengunjung dan tutup lebih awal dari jadwal yang telah dibuat.
– Kesiapan petugas tiketing kurang,menyebabkan antrian yang lumayan pada saat penyobekkan tiket.
Saran:
– Jika memang memungkinkan untuk dilaksanakan pada satu tempat yang sama akan lebih baik, tapi jika tidak memungkinkan pada satu tempat yang sama alangkah baiknya antara satu venue dengan venue lainnya tidak ada perbedaan yang menyolok terutama pada landscape ruangan dan kemeriahan guna pengunjung lebih tertarik.
– Petugas tiketing diperbanyak atau bahan kertas untuk tiket ditipiskan sehingga memudahkan saat proses penyobekan.
Kesan:
– Konsep event di venue utama menakjubkan.
– Pertama datang dan langsung membekas di hati.
– Semoga menjadi inspirasi pihak pemerintah di seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan event serupa.
– Produk Lokal oke kenapa mesti Bangga pake produk Import????
@yogoprihatono

November 23, 2013 - Posted by | Event, Kewirausahaan | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: