Yogo Prihatono

Tetap Berkreasi Dengan Apa Yang Ada

Soloraya Creative Expo 2013 “Exotism of Bamboo” Part 2

Soloraya Creative Expo dengan venue pertama terletak di Benteng Vastenburg. Benteng Vastenburg merupakan salah satu Benteng yang ada di kota Solo dan terletak di pusat kota. Benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhof. Benteng ini memiliki tempat yang sangat strategis, sehingga sangat mudah sekali bagi pengunjung untuk dapat menemukan lokasi ini. Maka tak salah jika panitia Solo Creative Expo 2013 menempatkan Benteng Vastenburg sebagai venue utama dalam perhelatan akbar ini.
Solo Creative Expo 2013 mengambil tema Exotism of Bamboo. Tema tersebut diambil dikarenakan pihak penyelenggara menginginkan nuansa alami. Nuansa alami tersebut diambil dengan menggunakan bahan dari alam yaitu bambu di seluruh ornamen pada penyelenggaraan tersebut. Ornamen yang menggunakan bambu mulai dari panggung, venue, stand, pintu masuk, dan lain-lain. Dengan demikian Benteng Vastenburg yang dahulunya tak terawat dan jarang diketahui oleh masyarakat saat ini disulap sedemikian rupa oleh pihak penyelenggara menjadi Benteng Vastenburg yang sangat indah dengan bangunan semi permanen yang berada di dalamnya menggunakan bahan utama bambu.
Di dalam Benteng Vastenburg terdapat sebuah rumah yang menyerupai rumah tembako dari bambu yang digunakan untuk penempatan stand-stand dengan dilengkapi pendingin (AC), jadi rumah tersebut terkesan klasik tapi tetap modern dengan mengikuti zaman sekarang (gambar 1). Kemudian panggung utama juga dibuat dengan menyerupai kapal dan berbahan utama dari bambu (gambar 2). Toilet mobil yang biasa digunakan disepanjang jalan slamet riyadi juga disulap menyerupai rumah eskimo dengan bahan bambu (gambar 3), dan stand kuliner maupun stand kecil juga dibuat dengan konsep kanopi bambu (gambar 4).
Selain dari segi konsep dan landscape di Benteng Vastenburg yang membuat saya sangat sangat sangat bangga sekali akan Soloraya terlebih Indonesia adalah dari segi produk kerajinannnya. Produk kerajinan di Soloraya sangat beragam dan sangat disukai oleh masyarakat domestik maupun mancanegara. Pemasaran hasil kerajinan bukan hanya untuk kalangan lokal tetapi sudah di eksport ke mancanegara dan beberapa produk telah tercatat sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Beberapa produk yang ada di venue utama Benteng Vastenburg yaitu batik, kerajinan ukiran khas Klaten, Lukisaan, dan lain-lain (gambar 5-gambar 7).
IMG_3174 - Copy
Gambar 1 (Tampak Depan Rumah Tembakau)
IMG_3094
Gambar 2 (Panggung Utama)
y-1
Gambar 3 (Toilet versi Eskimo Jawa)
IMG_3083
Gambar 4 (Stand Bambu)
IMG_3171
Gambar 5 (Produk Batik khas Soloraya yang dipasarkan di stand Benteng Vastenburg)
IMG_3133
Gambar 6 (Kerajinan Tangan berbahan Kayu hasil karya tangan Soloraya )
lokal 3
Gambar 7 (Hiasan Taman karya tangan Soloraya)
Event Soloraya Creative Expo di venue Benteng Vastenburg merupakan venue yang paling bagus dan inspiratif. Semoga kedepannya penyelenggaraan semakin bagus dan bisa menjadi vent rujukan nasional bahkan internasional.
@yogoprihatono
http://sce2013yogoprihatono.blogspot.com/

November 24, 2013 - Posted by | Event, Kewirausahaan | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: