Yogo Prihatono

Tetap Berkreasi Dengan Apa Yang Ada

MAJU BERSAMA MENCERDASKAN INDONESIA

Indonesia memiliki kawasan yang sangat luas, terdiri dari 5 pulau besar dan banyak sekali pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Tak heran jika Indonesia memiliki beragam permasalahan di dalamnya, mulai dari ekonomi, sosial, kebudayaan, pendidikan, dan lain-lain. Dari berbagai permasalahan yang ada, semua bermula dari pendidikan, jika pendidikan dari jenjang PAUD sampai jenjang Kuliah sudah bagus, maka permasalahan lainnya juga akan teratasi dan bukan tidak mungkin orang-orang di Indonesia memiliki kemampuan yang tak kalah dari negara-negara maju saat ini.

Salah satu permasalahan di dunia pendidikan Indonesia saat ini adalah kurang meratanya pendidikan yang ada antara daerah perkotaan dan pedesaan terlebih pelosok/terpencil. Banyak guru (PNS/Non PNS) jika ditempatkan di daerah pedesaan atau terpencil akan berpikir 100 kali lipat untuk menerimanya, hal tersebut sangat memprihatinkan bagi dunia pendidikan karena Guru yang dulu lekat dengan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa sekarang menjadi mengharapkan banyak “tanda jasa”. Sebetulnya jika guru tersebut mengajar di daerah pedesaan akan sangat berguna sekali baik bagi murid maupun masyarakat sekitar dan guru tersebut juga bisa mengeksplore kemampuannya daripada jika mengajar di perkotaan dengan alat yang sudah modern akan membuat kreatifitas guru menjadi berkurang.

Untuk mengatasi itu semua Dinas Pendidikan Tinggi (Dikti) memberikan beberapa program diantaranya Program SM-3T, Program PPCPAK, dan Program PPGT. Program SM-3T merupakan Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal, Program PPCPAK merupakan PROGRAM PENDIDIKAN CALON PENDIDIK AKADEMI KOMUNITAS, dan Program PPGT merupakan Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaboratif. Program- program tersebut ditujukan untuk para sarjana terlebih sarjana muda yang ingin ikut serta dalam program MAJU BERSAMA MENCERDASKAN INDONESIA mengabdi untuk BUMI PERTIWI INDONESIA.

info lebih lanjut bisa kunjungi http://seleksi.dikti.go.id/ atau http://www.dikti.go.id/

Desember 24, 2013 - Posted by | Ilmu Pendidikan | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: